@la-tahzan 2012 [id-03]. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bingung, Mau Kemana Setelah ini

Nah... Para siswa semua, topik kali ini adalah Bingung...
Kata bingung biasanya muncul ketika seseorang mendapatkan dirinya berada diantara dua atau lebih pilihan pada dirinya. namun kebanyakan dari kita bukanlah bingung, melainkan tidak tahu!

Para siswa sekalian, setelah kalian lulus dari pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan seharusnya kalian tidak lagi mempermasalahkan mau kemana atau mau apa!!! nah... kok bisa Pak/Bu?!. di dalam mata pelajaran yang kalian pelajari diantaranya ada mata pelajaran Kewirausahaan, yang mana mata pelajaran ini adalah salah satu mata pelajaran yang mengajarkan kepada kalian bagaimana memulai sebuah usaha. Diluar konteks kalian mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau tidak, mata pelajaran kewirausahaan ini pun menawarkan berbagai opsi yang tidak lagi menjadi pelajaran baku dalam bidang usaha (yang hanya diperuntukan kepada mereka yang mau berdagang saja), namun semua orang dapat mempraktikan mata pelajaran ini.

Adapun untuk kalian yang mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (kuliah), ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, yaitu:
  1. Pelajari Minat dan bakat kalian (seharusnya dilakukan lebih awal), dengan bantuan guru pembimbing dan jika memungkinkan memanggil pihak ketiga yang berkompeten di bidang tersebut dengan cara mengadakan Tes IQ-EQ-SQ dll.
  2. Jadilah diri sendiri dalam menentukan pilihan kuliah atau sekolah dan Jangan terbawa arus teman, atau ikut-ikutan.
  3. Lihat pulalah latar belakang Perguruan tinggi atau Universitas yang akan menjadi tempat kalian belajar, apakan perguruan tinggi yang kalian tempati dapat menjamin lulusannya menjadi lulusan yang memiliki kualitas atau memang hanya menyediakan lulusan dengan gelar asal-asalah atau dengan kata lain tidak diakui.
  4. Tanyakan kepada kerabat, kawan, atau Guru kalian apabila memungkinkan, karena salah satunya pasti akan memberikan kalian pertimbangan tentang pendidikan apa yang cocok dengan yang kalian inginkan.
  5. lihat kondisi keuangan di keluarga kalian, jangan sampai kaliam memaksakan kehendak, kecuali kalian siap dengan kondisi yang terjadi jika memaksakan, atau kalau memang kalian berhasil masuk karena bea siswa tidak ada salahnya meneruskan, tetapi kalian juga harus bisa mempertahankan prestasi yang kalian miliki.
Pendidikan bukanlah hanya di sekolah, namun pendidikan bisa kalian dapatkan dimanapun. pendidikan berlaku seumur hidup dan tanpa henti, maka dari itu jangan berputus asa bagi kalian yang merasa belum beruntung untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Usaha dan Do'a kita akan dapat menjadikan diri kita seperti apa yang kita inginkan.

semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kalian!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: